Pandemi COVID-19 membawa dampak negatif pada sejumlah industri, termasuk industri penerbangan. Hal ini memang tak bisa dihindari, karena selama pandemi mobilitas manusia harus dibatasi demi memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Karenanya, maskapai penerbangan dan bandara merasakan masa sulit selama pandemi, bahkan hingga saat ini ketika dunia mulai beradaptasi dengan era “new normal”.
Meski begitu, bukan berarti dunia penerbangan berdiam diri menghadapi kondisi sulit ini. Beberapa maskapai dan bandara mulai melakukan diversifikasi layanan yang diharapkan dapat mendorong peningkatan pendapatan, selain yang berasal dari sumber utama industri ini, yakni transportasi. Di antaranya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital untuk menghadirkan layanan baru.
Lantas, apa saja layanan baru yang ditawarkan maskapai dan bandara untuk meningkatkan pendapatan sekaligus memberikan pengalaman dan layanan optimal bagi konsumen mereka di masa pandemi dan menuju pemulihan pascapandemi? Berikut beberapa di antaranya.
Pemanfaatan aplikasi mobile tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup masyarakat modern. Smartphone sudah sedemikian lekat dengan masyarakat dan banyak brand mulai melabeli aplikasi mereka sebagai “super app” alias aplikasi super. Hal itu pun dilakukan oleh maskapai AirAsia.
AirAsia meluncurkan aplikasi mobile berjuluk airasia, The Asean Super App bagi konsumen di wilayah Asean. Dengan aplikasi tersebut, pengguna bisa memesan tiket penerbangan AirAsia dari berbagai maskapai di dunia, hingga akomodasi di tempat tujuan. Aplikasi ini pun bisa memudahkan pengguna untuk mengatur perjalanan yang akan dilakukan.
Mengingat kondisi pandemi seperti sekarang, aplikasi ini juga menawarkan opsi online check-in yang lebih aman karena tidak membutuhkan kontak langsung dengan orang lain. Aplikasi ini bahkan memungkinkan pengguna terhubung dengan penumpang lain yang memiliki tujuan atau ketertarikan yang sama.
Tak berbeda jauh, maskapai asal Singapura, Singapore Airlines juga baru saja meluncurkan Pelago, sebuah platform reservasi bagi pelanggan yang ingin melakukan beragam kegiatan di kota tujuan mereka. Sebagai contoh, pelanggan dapat memanfaatkan platform ini untuk memesan sesi simulasi pesawat terbang di Singapura atau mengikuti tur keliling kota.
Tidak hanya itu. Singapore Airlines juga menghadirkan pengalaman berbelanja online bagi penumpang selama penerbangan. Jadi, sistem berbelanja online dibenamkan pada sistem in-flight entertainment KrisWorld yang ada selama penerbangan.
Selain kedua maskapai itu, maskapai asal Asia Tenggara lainnya, yakni Vietnam Airlines juga menghadirkan layanan e-commerce yang diberi nama VNAMAZING dan VNAMALL. VNAMAZING menghadirkan layanan pemesanaan akomodasi dan tur, sedangkan VNAMALL menawarkan beragam deretan produk penerbangan maupun nonpenerbangan.
Selain maskapai penerbangan, pengelola bandara juga memiliki caranya sendiri untuk bertahan di masa pandemi. Salah satunya dilakukan oleh San Diego International Airport yang melakukan uji coba pemanfaatan smart cart untuk para penumpang.
Untuk diketahui, smart cart merupakan bagian dari program Innovation Lab bandara San Diego, yakni sebuah proyek uji coba sejumlah solusi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para penumpang selama di bandara.
Sesuai namanya, smart cart merupakan troli barang yang dibekali dengan layar interaktif yang dapat digunakan penumpang untuk menemukan toko maupun tempat makan di area bandara, sekaligus membantu mengingatkan dan mengarahkan mereka ke gerbang keberangkatan tepat waktu.
Bukan itu saja. Layar smart cart juga menampilkan iklan digital untuk menarik pembeli. Berdasarkan uji coba, respons dari uji coba smart cart ini menuai hasil positif dari para penumpang. Iklan digital yang ditampilkan pada troli tersebut disebut memiliki tingkat konversi 29% yang terbilang tinggi dibandingkan platform e-commerce. (E04)
AirAsia, belanja online, COVID-19, e-commerce, emergent futures, in-flight entertainment, industri penerbangan, Inovasi, KrisWorld, new normal, Pandemi COVID-19, Pelago, San Diego International Airport, Singapore Airlines, smart cart, super app, The Asean Super App, Vietnam Airlines, VNAMALL, VNAMAZING,